STMIK NEUMANN:
an image
STMIK NEUMANN memiliki gedung dan ruang kuliah sendiri. Lokasi gedung perkuliahan STMIK NEUMANN berada di Jln. Letjend. Jamin Ginting Km. 10,5 (150 M arah Kabanjahe dari simpang Simalingkar), Lokasi gedung perkuliahan sangat strategis, sehingga mudah dijangkau mahasiswa.

Selain lokasi yang strategis suasa kampus juga dibangun sangat asri dan nyaman sehingga mahasiswa merasa betah dan nyaman untuk belajar. Taman kampus yang luas dan ditata dengan baik menjadi salah satu tempat berkumpul mahasiswa untuk belajar dan membahas tugas-tugas perkuliahan. Gedung kuliah STMIK NEUMANN memiliki fasilitas penyejuk udara (AC), Internet (WIFI) yang terkoneksi 24Jam (Free) dan juga lapangan olahraga dan panggung yang dapat menjadi tempat mahasiswa untuk megapresiasikan minat dan bakat dibidang seni dan olahraga.

Sebagai salah satu fasilitas pendukung kegiatan perkuliahan STMIK NEUMANN memiliki beberapa Laboratoium yang dapat digunakn oleh mahasiswa salah satunya ialah Laboratorium Hardware, Laboratorium Hardware (Bengkel Komputer) STMIK NEUMANN digunakan oleh mahasiswa untuk mempelajari matakuliah perakitan dan instalasi komputer, selain itu laboratorium ini juga digunkan untuk merancang dan mengimplementasikan jaringan komputer (LAN dan WLAN) sederhana.

an image
Selain laboratorium hardware, STMIK NEUMANN memiliki 3 unit laboratorium software sebagai fasilitas pendukung mahasiswa/i untuk belajar. Laboratorium software STMIK NEUMANN memiliki 35 komputer untuk setiap laboratorium dengan standar hardware (Prosesor Intel Core I3, Memori 2GB, HDD Sata 250GB, VGA 1GB, PSU 450W, LCD Monitor 17/19 Inch dan Koneksi Internet 2Mbps).

Laboratorium software STMIK NEUMANN digunakan untuk mata kuliah :
1. Program Paket Niaga (Office)
2. Algoritma dan Pemrograman (C++/Java)
3. Internet dan WEB (Dreamweaver, Fireworks, PHP, MySql, JSP, ASP)
4. Desain Grafis (Corel Draw, Photoshop)
5. Multimedia (Adobe Premier, Sony Vegas)
6. Assembly

Pada saat praktium mahasiswa akan didampingi oleh dosen pengampu matakuliah dan juga satu orang assisten laboratorium yang akan membantu mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen. Laboratorium STMIK NEUMANN dapat digunakan oleh seluruh mahasiswa selama tidak dipakai untuk praktikum, selain sebagai tempat parktikum mahasiswa Laboratorium juga sering digunakan oleh siswa SMU untuk praktikum.






Fasilitas olahraga yang dimiliki STMIK NEUMANN antara lain Lapangan FUTSAL, Lapangan Volley. Fasilitas olahraga ini tidak hanya dapat digunkan oleh mahasiswa.


an image
Persaingan ketat antarbangsa dalam era globalisasi dan informasi yang tidak mengenal batas ruang dan waktu kini tidak dapat dielakkan oleh setiap negara, termasuk Indonesia. Dalam konteks ini, peningkatan sumber daya manusia yang handal, ulet, profesional, jujur dan peka akan perubahan zaman tidak dapat dinomorduakan lagi. Indonesia, dengan Indeks Pembangunan SDMnya berada pada peringkat 112 dari 175 negara di dunia serta mengalami krisis multidimensi yang berkepanjangan, harus jungkir balik untuk dapat membalikkan keadaan sehingga kelak dapat ?berbicara dan duduk sejajar? dengan negara-negara maju lainnya.

Moderamen Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) melalui Yayasan Pendidikan Kristen (YPK-GBKP) menyadari pentingnya peningkatan SDM Indonesia terutama bagi masyarakat Sumatera Utara sebagaimana tertuang dalam salah satu misinya, yaitu pelayanan (diakonia) di bidang pendidikan. Sebagai implementasinya, YPK-GBKP dengan dukungan jemaatnya telah mendirikan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer-Kristen Neumann Indonesia (STMIK NEUMANN), sebuah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan dalam bidang manajemen informatika dan komputer berdasarkan SK Mendiknas No. 145/D/O/2008 tertanggal 22 Juli 2008. SDM yang kelak dihasilkan tidak hanya menguasai, menerapkan dan mengengembangkan sains dan teknologi informasi dan komunikasi, akan tetapi memiliki kepemimpinan, kepribadian luhur (kejujuran) dan berjiwa technopreneurship (wirausaha berbasis teknologi).

Pendirian sekolah tinggi ini direncanakan sebagai cikal bakal sebuah universitas yang memiliki lebih banyak fakultas dan jurusan. Sebenarnya, pendirian sebuah universitas milik YPK-GBKP sudah terpikir oleh Pengurus Moderamen GBKP sejak tahun 2000, namun baru pada 2007 rencana pendirian sudah menemui titik terang yaitu dengan adanya beberapa anggota jemaat (investor) yang sangat peduli akan kondisi pendidikan di kalangan warga GBKP dan masyarakat umum lainnya. Para investor bergabung dalam satu perusahaan disebut PT Namo Tiara dimana Moderamen GBKP memiliki saham mayoritas. PT Namo Tiara menyiapkan lahan kampus dan gedung untuk proses belajar mengajar serta fasilitas lainnya berkaitan dengan kegiatan mahasiswa STMIK NEUMANN. Pemberian nama missionaris NZG Belanda tersebut disepakati mengingat jasanya dalam membangun fasilitas sekolah, rumah sakit dan perdagangan pada era pekabaran injil ke daerah Karo sekaligus menghidupkan kembali nama Institut Pendidikan Kejuruan Neumann (IPKN) yang pernah berkiprah pada 1970-an.

Berdasarkan Surat Keputusan Moderamen GBKP No. 0800/VIII-c/2007 tertanggal 20 Juni 2007, Moderamen GBKP mengganti nama Badan Pelayanan Pendidikan GBKP menjadi Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) GBKP sekaligus menata ulang susunan kepengurusan YPK-GBKP periode 2005-2010, yang mana di dalamnya terdapat Seksi Perguruan Tinggi. Sejak dikeluarkannya SK tersebut, gaung pendirian universitas YPK-GBKP semakin membahana yang ditandai dengan seringnya diadakan rapat-rapat antara Moderamen (Bidang Usaha, Bidang Diakonia), Seksi Perguruan Tinggi YPK, investor, akademisi dan tokoh-tokoh masyarakat Karo.

Sebagai tindaklanjut rapat-rapat tersebut, pada 30 Juli 2007 Moderamen mengeluarkan SK pengangkatan Tim Persiapan Pendirian Universitas Neumann (selanjutnya disebut Tim) yang bertugas mempersiapkan dan mendirikan perguruan tinggi di bawah Moderamen GBKP. Adapun tim persiapan tersebut beranggotakan:
1. Prof. Dr. Timbangen Sembiring, M.Sc.(Koordinator)
2. Drs. Open Darnius Sembiring, M.Sc.
3. Bukti Antonius Tarigan, SE., M.Si (meninggal dunia 15 Juni 2011)
4. Drs. Henri Rani Sitepu, M.Si.
5. Dino Medio Brahmana, ST. (Meninggal dunia 2010)
6. Ir. Petra Sibero
7. Pt. Ir. Ananta Purba
8. Antonius Ginting, S.E., M.Ec. (meninggal dunia 08 Agustus 2008)
Atas kerjasama Bidang Usaha Moderamen, pihak investor dan Tim maka pada 23 Maret 2008 dilakukan peletakan batu pertama pendirian kampus STMIK NEUMANN yang berlokasi di Jl. Letjen Jamin Ginting KM 10,5 Medan. Selanjutnya pada Sabtu, 19 Juli 2008, Tim telah melaksanakan acara Soft Opening (SO) di kampus baru. Tujuan dari SO adalah:
a.Sebagai momentum dimulainya kegiatan administrasi STMIK NEUMANN di kampus baru sekaligus tempat melakukan pendaftaran calon mahasiswa baru;
b.Menggemakan dan mempromosikan STMIK NEUMANN kepada jemaat/warga khususnya di Medan dan sekitarnya.

Dua bulannya setelah SO maka kegiatan Grand Opening (GO) STMIK NEUMANN dilaksanakan pada 13 September 2008 yang pelaksanaannya dilakukan dua hari sebelum perkuliahan dimulai. Tujuan kegiatan GO adalah sebagai momentum awal sebelum melakukan kegiatan akademis di STMIK NEUMANN; menyampaikan keberadaan STMIK NEUMANN kepada masyarakat luas. Pada acara GO dilakukan acara penandatanganan prasasti pendirian STMIK NEUMANN oleh Gubernur Sumatera Utara, Bapak H. Syamsul Arifin, SE disaksikan oleh pejabat-pejab teras Pemprovsu, Ketua Moderamen GBKP, Penjabat Walikota Medan, Kopertis Wilayah I Sumut-NAD Bapak Prof. Dr. Zainuddin, M.Pd serta tokoh-tokoh masyarakat. Pada acara ini juga dilaksanakan pelantikan pimpinan Badan Pelaksana Harian (BPH) YPK GBKP dan pimpinan STMIK NEUMANN oleh Pengurus YPK-GBKP yaitu:
A. Pengurus BPH YPK GBKP Periode 2008 ? 2012 (Reposisi dan Pengganti Antar Waktu) Ketua : Pdt. Jadiaman Perangin-angin, D. Th.
Wakil Ketua : Robinson Sitepu (PT Namo Tiara)
Sekretaris : Ir. Ananta Purba (Anggota Moderamen GBKP)
Wakil Sekretaris : Pt. Karina Tarigan
Bendahara : Rahel br. Pandia, SH (Kabid Usaha Moderamen GBKP, PT Namo Tiara)
Wakil Bendahara : Juliani br. Sebayang
B. Pimpinan STMIK Neumann Periode 2008-2009 Ketua : Prof. dr. Timbangen Sembiring, M. Sc.
Wakil Ketua I dan II : Bukti Antonius tarigan, SE., M. Si.
Wakil Ketua III : Dino Medio Brahmana, ST.

LOKASI KAMPUS STMIK Kristen NEUMANN Indonesia

Kampus STMIK NEUMANN seluas 15.000 meter persegi terletak di Jl. Letjen Jamin Ginting KM 10,5, Medan. Kampus ini berada di kawasan yang tenang dan strategis serta mudah diakses dengan semua angkutan kota karena berdekatan dengan pintu masuk Perumnas Simalingkar Medan. STMIK NEUMANN memiliki gedung baru berlantai III dengan ruang kelas, laboratorium dan perpustakaan berfasilitas AC. Di depan Kampus STMIK NEUMANN juga dilengkapi dengan lapangan parkir, sarana olah raga (futsal dan lapangan volley ball) serta ruang publik dengan fasilitas Hotspot sehingg memungkinkan mahasiswa dan masyarakat dapat mengakses internet.

VISI dan MISI

Visi STMIK Neumann adalah :Menjadi Perguruan Tinggi Swasta di bidang Manajemen Informatika dan Komputer terbaik di Sumatera Utara tahun 2033:


Untuk mewujudukan visi sebagaimana dimaksud di atas, STMIK NEUMANN menetapkan Misi sebagai berikut :
a) Mengoptimalkan sumber daya STMIK-KNI dalam pemenuhan kebutuhan sumber daya pembangunan nasional maupun daerah.
b) Mengembangkan kebebasan akademik yang senantiasa dilandasi oleh nilai-nilai keimanan, tanggung jawab, komunikasi/informasi, dan keilmuan.
c) Mengembangkan institusi secara intensif, terencana dan efisien serta mendukung perkembangan pembangunan nasional dan daerah, melalui kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yang efektif, inovatif, bermutu, tanggap terhadap perkembangan global dan tantangan lokal.

STMIK NEUMANN mempunyai Tujuan :
a) Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang unggul dan memiliki kemampuan akademis dan profesional dalam bidang Manajemen Informatika dan Komputer yang berakhlak mulia, berbudi luhur, jujur, dan bertanggung jawab serta memiliki nilai tambah berupa kemampuan wirausaha serta mampu berkomunikasi dalam bahasa asing (Inggris).
b) Mengembangkan dan menyebarluaskan sejumlah bidang pengetahuan khusus, serta mengupayakan penerapannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Dalam menyelenggarakan kegiatan untuk mencapai tujuan itu, STMIK NEUMANN berpedoman pada: a) Tujuan Pendidikan Nasional; < br /> b) Kaidah, moral, dan etika sains;
c) Kepentingan masyarakat serta memperhatikan minat dan prakarsa pribadi
d) Ketentuan peraturan perundangan yang berlaku.
e) Tata Gereja, Garis Besar Pelayanan GBKP dan kegiatan gerejani lainnya di lingkungan GBKP.