header-int

Pengumuman Panduan Penyusunan Skripsi SI/TI

Selasa, 26 Feb 2019, 11:21:20 WIB - 24 View
Share

 

PANDUAN PENYUSUNAN SKRIPSI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

OLEH : PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI DAN TEKNIK INFORMATIKA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER

STMIK KRISTEN NEUMANN INDONESIA   MEDAN

2017

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

Setiap mahasiswa dituntut mampu untuk menyusun karya ilmiah hasil penelitian dengan benar dalam bentuk skripsi. Untuk maksud tersebut mahasiswa perlu mendapatkan petunjuk cara penyusunan karya ilmiah dengan benar, sehingga dapat menghasilkan tulisan ilmiah yang baik, efektif, dan efisien.

Skripsi  merupakan kegiatan belajar yang mengarahkan mahasiswa dalam  meningkatkan kemampuan mengintegrasikan pengalaman belajar dan keterampilan yang diperoleh untuk menyelesaikan permasalahan secara  mendalam. Penulisan skripsi ditujukan juga untuk memberikan peluang kepada mahasiswa dalam melatih diri, mengemukakan pendapat dan memecahkan masalah secara mandiri dan ilmiah.

Pada program studi Sistem Informasi STMIK Kristen Neumann Indonesia skripsi  merupakan salah satu syarat yang harus diselesaikan oleh mahasiswa untuk memperoleh gelar sarjana. Untuk menyelesaikan skripsi ini, mahasiswa dibantu dan diarahkan oleh dosen  pembimbing.

Untuk memudahkan dalam membimbing dan membantu  mahasiswa  menyelesaikan skripsi, serta agar supaya adanya keseragaman format penulisan dalam menyelesaikan skripsi tersebut  maka diterbitkanlah pedoman penyusunan usulan skripsi yang berlaku di program studi Sistem Informasi. 

Secara garis besar isi buku pedoman format penyusunan skripsi  antara lain sebagai berikut :

  1. Pendahuluan
  2. Ketentuan penyusunan skripsi
  3. Tata cara penulisan
  4. Usulan penelitian
  5. Kerangka skripsi dan
  6. Lampiran – lampiran yang memuat contoh-contoh.

Selain hal tersebut di atas  dalam buku pedoman ini, dicantumkan juga  semua ketentuan-ketentuan yang harus dipatuhi oleh mahasiswa yang akan menyelesaikan skripsi, mulai dari ketentuan akademik maupun ketentuan administrasi, ketentuan pembuatan usulan penelitian, laporan skripsi, ketentuan penulisan, ketentuan pembimbing dan ketentuan ujian komprehensif.

 

BAB II

KETENTUAN PENYUSUNAN SKRIPSI

 

Mahasiswa yang akan menyusun skripsi mengajukan permohonan apabila telah memenuhi persyaratan akademik dan persyaratan administrasi. Persyaratan dimaksud dapat diuraikan sebagai berikut :

 

2.1  Persyaratan Akademik

  1. Telah lulus mata kuliah Praktek Kerja Lapangan
  2. Telah lulus mata kuliah Proyek Minor
  3. Telah lulus 124 SKS (dari 124 sks nilai tidak ada nilai E dan D).
  4. Memiliki nilai Indeks Prestasi Komulatif (IPK) >= 2,75

 

2.2  Persyaratan Administratif

  1. Memiliki transkrip akademik terakhir yang sudah disahkan oleh Wakil Ketua Bagian Akademik
  2. Terdaftar sebagai mahasiswa yang aktif dibuktikan dengan tercatatnya mata kuliah Skripsi pada KRS (Kartu Rencana Studi) yang sudah disahkan oleh dosen PA (Pembimbing Akademik)

 

2.3  Proses Pengajuan Penyusunan  Skripsi

  1. Telah lulus seminar proyek minor.
  2. Program studi akan menentukan Dosen Pembimbing Utama dan Pembimbing Pendamping sesuai dengan bidang konsentrasi skripsi dan Jabatan akademik.
  3. Setelah memperoleh pembimbing, mahasiswa mengambil kartu konsultasi skripsi, buku pedoman penulisan skripsi selanjutnya mahasiswa mulai bimbingan.

 

2.4  Pembimbing Skripsi dan Batas Waktu

  1. Bagi pembimbing utama dan pembimbing pendamping memiliki jabatan akademik minimal Lektor , Asisten Ahli yang berpendidikan Magister (S2) dan Doktor (S3);
  2. Dalam pelaksanaan bimbingan, pembimbing pendamping selalu berkonsultasi dengan pembimbing utama.
  3. Jangka waktu penyusunan skripsi maksimum 2 (dua) semester, jika dalam jangka dalam waktu tersebut skripsi belum dapat diselesaikan, maka mahasiswa wajib mengajukan permohonan perpanjangan skripsi kepada program studi dengan diketahui dosen pembimbing, selanjutnya mahasiswa melanjutkannya pada semester berikutnya dengan mencatatkan mata kuliah skripsi pada KRS.
  4. Jika ternyata dalam waktu 2 (dua) semester, penyusunan skripsi belum juga selesai, maka mahasiswa harus mengajukan ulang judul skripsi dan objek penelitian yang baru disertai dengan kartu konsultasi skripsi yang terdahulu kepada Prodi.

 

2.5  Tanggung Jawab Pembimbing

  1. Membantu mahasiswa dalam mencari permasalahan yang dijadikan dasar pembuatan skripsi.
  2. Membimbing mahasiswa dalam pelaksanaan skripsi 
  3. Membimbing mahasiswa dalam penulisan skripsi
  4. Tugas dan kewajiban pembimbing pendamping adalah membantu pembimbing utama dalam melaksanakan skripsi

 

2.6  Penetapan Pembimbing.

  1. Pembimbing utama adalah dosen tetap atau dosen Tidak Tetap yang diangkat berdasarkan Surat Keputusan (SK) Ketua STMIK Kristen Neumann Indonesia berdasarkan rekomendasi Ketua Prodi Sistem Informasi.
  2. Pembimbing pendamping adalah dosen tetap atau dosen Tidak Tetap yang diangkat berdasarkan Surat Keputusan (SK) Ketua STMIK Kristen Neumann Indonesia berdasarkan rekomendasi Ketua Prodi Sistem Informasi.
  3. Pengantian dosen pembimbing tidak dapat dilakukan, kecuali atas pertimbangan tertentu dan disetujui oleh Ketua Program Studi Sistem Informasi.

 

2.7  Prosedur Penyusunan Skripsi

  1. Mahasiswa yang sudah mendapatkan pembimbing harus berkonsultasi dengan pembimbing masing-masing.
  2. Bimbingan dilaksanakan dalam bentuk tatap muka minimal 6 kali.
  3. Bimbingan terus dilaksanakan hingga selesai dalam bentuk program software/Hardware untuk selanjutnya mahasiswa berhak untuk melakukan tes program/alat.
  4. Bimbingan terus dilaksanakan hingga laporan skripsi  yang sudah ditandatangani oleh pembimbing dan selanjutnya mahasiswa berhak untuk mengikuti ujian Seminar Hasil dan jika memenuhi kriteria yang ditentukan akan mengikuti sidang Meja Hijau.

 

2.8  Ketentuan Seminar Hasil dan Ujian Sidang Skripsi 

       Seminar Hasil

  1. Telah lulus tes program dan alat (tergantung penelitian yang dilakukan)
  2. Sudah menyelesaikan penulisan skripsi dan disetujui oleh kedua pembimbing.
  3. Telah lulus semua mata kuliah kecuali mata kuliah yang sedang diambil pada semester berjalan.
  4. Tidak ada Nilai D dan Nilai E

 

Ujian Sidang Skripsi

  1. Sudah menyelesaikan penulisan skripsi dan disetujui oleh pembimbing.
  2. Sudah menyelesaikan semua mata kuliah program S1, kecuali skripsi. Tidak ada nilai D
  3. Sudah menyelesaikan kewajiban administrasi keuangan dengan melampirkan bukti pembayaran
  4. Sudah bebas dari pinjaman buku perpustakaan dengan melampirkan bukti bebas pinjaman perpustakaan.
  5. Memiliki bukti mengikuti pelatihan/kursus, seminar ilmiah regional/internasional yang berhubungan dengan ilmu komputer dari penyelenggara yang diakui.
  6. Penyaji harus menggunakan jas almamater, kemeja putih lengan panjang, celana panjang berwarna hitam/gelap (bagi laki-laki), rok selutut/lebih berwarna hitam/gelap (bagi wanita), memakai dasi, dan menggunakan sepatu tertutup pada saat penyajian makalah.
  7. Skripsi yang akan diajukan dalam sidang harus digandakan sebanyak 4 (empat) berkas dan diserahkan ke prodi paling lambat 3 hari sebelum  pelaksanaan sidang beserta kelengkapannya.
  8. Peserta menyediakan sendiri kelengkapan ujian sidang (spidol, komputer, dll)
  9. Mengikuti jadwal ujian sidang skripsi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan prodi.

 

 

 

BAB III

TATA CARA PENULISAN

 

3.1  Sampul

            Sampul dibuat dari kertas Bufalo atau yang sejenis, dengan warna Biru Muda (disesuaikan dengan contoh) dan diperkuat dengan karton serta dilapisi plastik. Sampul depan hard cover diantaranya berisikan judul skripsi, nama, NPM, serta logo STMIK Neumann yang ditulis dengan huruf timbul berwarna hitam. Penulisan judul diatur sedemikian rupa sehingga berbentuk kerucut terbalik (contoh pada lampiran 1). Sedangkan untuk punggung skripsi dituliskan nama, NPM, judul skripsi, dan STMIK Neumann (contoh pada lampiran 2).

 

    1. Pengetikan

Pengetikkan naskah skripsi harus menggunakan komputer dan dianjurkan menggunakan aplikasi pengolahan kata (Ms.Word) minimal versi 2007 .

 

      1. Pengetikkan Naskah

            Naskah skripsi ditulis pada kertas HVS ukuran A4 70 gram untuk seminar hasil dan sidang meja hijau  80 gram untuk dijilid hanya pada salah satu sisi halaman saja. Untuk seluruh naskah digunakan huruf yang sama kecuali untuk keperluan tertentu (misalnya untuk halaman motto dan persembahan).

 

3.2.2  Jenis Huruf Pengetikan

Jenis huruf (font) yang digunakan adalah Times New Roman dengan ukuran 12, kecuali untuk judul skripsi.

 

3.2.3  Pengetikan Kata Penting

Penulisan kata tertentu yang dianggap penting harus dinyatakan dengan pemberian garis bawah atau cetak tebal atau dengan cetak miring dan penggunaannya harus konsisten. Untuk istilah-istilah asing harus menggunakan cetak miring.

 

3.2.4  Pengetikan Bilangan

    1. Pengetikan bilangan pada pertengahan dan akhir kalimat dapat dinyatakan dengan angka atau kata atau kalimat. Khusus bilangan pada awal kalimat harus dinyatakan dengan kata atau kalimat yang menyatakan bilangan yang dimaksud.

      Contoh bilangan di tengah dan di akhir kalimat : Sektor industri meningkat sebesar 2,5 % setahun, sedangkan sektor pertanian turun sebesar 1,6 %.

      Contoh bilangan di awal kalimat: Sepuluh ton bahan baku.....................

    1. Bilangan desimal ditandai dengan koma, bukan dengan titik. Misalnya 3,5 ton tidak boleh ditulis 3.5 ton.
    2. Satuan dinyatakan dengan singkatan resmi yang berlaku tanpa titik di belakangnya, misalnya : kg, gr, m, cm, cm3 dan lainnya.

3.2.5  Jarak Baris (Spasi)

Spasi pengetikkan secara umum 1,5  spasi ; kecuali sampul (cover), halaman pengesahan, abstrak, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, judul tabel, judul gambar, daftar pustaka, dan catatan kaki (foot note) menggunakan jarak 1 spasi atau menyesuaikan (dapat dilihat pada contoh lampiran).

3.2.6  Batas Tepi

            Batas-batas pengetikkan diukur dari tepi kertas sebelah atas, bawah, kanan, dan kiri sebagai berikut :

a. Dari batas atas         :  4 cm

b. Dari batas bawah    :  3 cm

c. Dari batas kiri          :  4 cm

d. Dari batas kanan     :  3 cm

 

3.2.7  Pengisian Ruang Baris

Ruangan dalam setiap baris yang terdapat pada halaman naskah harus diisi penuh dengan menggunakan full justified (rata kiri-kanan). Pengetikkan dimulai dari batas kiri sampai batas kanan pengetikan. Jangan sampai terdapat ruangan kosong, kecuali jika akan mulai dengan alenia baru, penulisan persamaan, gambar, judul sub bab, sub dari sub bab dan seterusnya.

 

 

 

 

3.2.8  Alenia Baru, Nomor, dan Judul       

            Pengetikkan alenia baru dimulai dari ketikkan ke-7 dari batas tepi kiri. Sedangkan untuk pengetikkan nomor bab, sub bab, sub sub bab dan seterusnya disesuaikan dengan urutan babnya.

 

3.3  Penomoran Halaman

  1. Nomor halaman bagian muka skripsi (halaman judul dalam, halaman pengesahan, halaman persembahan, halaman daftar isi, halaman daftar tabel, dst) ditulis dengan angka huruf  i, ii, iii, dan seterusnya yang ditulis di tengah (center) di bagian bawah (1,5 cm dari batas bawah).
  2. Untuk penomoran halaman pada BAB I dan seterusnya menggunakan penomoran menggunakan angka Romawi dan Arab yang ditulis di sudut kanan atas (3 cm dari batas kanan dan 1,5 cm dari batas atas) dengan penomoran baru pada setiap awal ba Contoh : Untuk bab I ; I-1, I-2, I-3,…untuk bab II; II-1,II-2,II-3,…untuk bab III, III-1,III-2,III-3, dan seterusnya.
  3. Pada setiap awal bab nomor halaman diletakkan di bagian bawah dan berada di tengah-tengah (1,5 cm dari batas bawah).

 

3.4  Pembuatan Rujukan

  1. Untuk penulisan di awal kalimat, tahun terbit ditulis dalam tanda kurung seperti berikut : Menurut Ahmad(1993) …………………; sementara itu, untuk penulisan di akhir kalimat, nama penulis dan tahun terbit keduanya ditulis di dalam tanda kurung dan dipisahkan dengan tanda koma seperti berikut ………….(Ahmad, 1993)
  2. Untuk rujukan yang dipublikasikan oleh lebih dari satu orang, ditulis seperti berikut : Menurut Ahmad, Budi, dan Yati (1994) …………..……………… atau ………………(Ahmad, Budi, dan Yati 1994). Untuk publikasi dalam bahasa Inggris kata “dan” diganti dengan “and”.
  3. Untuk rujukan yang dipublikasikan oleh lebih dari tiga orang, cukup ditulis nama akhir penulis pertama diikuti dengan kata “et al”, seperti berikut : menurut Ahmad et al.(1992) atau ……..(Ahmad et al.,1992).
  4. Untuk rujukan dari beberapa publikasi yang ditulis oleh satu orang yang sama pada tahun yang berbeda dapat dituliskan seperti berikut : Menurut Ahmad (2000 dan 2002) atau ……………..(Ahmad, 2000 dan 2002). Apabila diterbitkan pada tahun yang sama maka tahun terbitnya dibedakan dengan menggunakan huruf a dan b  seperti berikut : menurut Ahmad (2000a dan 2000b) atau ……….. (Ahmad,2000a dan 2000b)
  5. Apabila rujukan merupakan kutipan langsung (menggunakan kata/kalimat yang persis sama dengan yang tercantum pada publikasinya) maka bagian tersebut harus ditempatkan/diintegrasikan dalam paragraf biasa seperti berikut: Ahmad(2000) menyatakan bahwa “……………………….” atau “……………………”(Ahmad, 2000). Bila kutipan langsung tersebut berisi lebih dari 40 kata, maka penyajiannya harus pada paragraf khusus seperti berikut: Ahmad(2000) menyatakan bahwa:

“…………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………… ……………………………………………….”

 

    1. Pembuatan Catatan Kaki
  1. Catatan kaki atau foot notes digunakan sebagai pengganti penulisan sumber rujukan yang bersifat non ilmiah, seperti surat kabar, majalah populer, berita radio, TV dan lain-lain
  2. Pada tubuh tulisan penulisannya dilakukan dengan menggunakan “nomor dan tanda kurung superscript seperti 1), 2)  dan seterusnya. Sementara itu sumber rujukan tersebut dibuat pada bagian bawah halaman dimana rujukan tersebut dikutip dengan membuat garis mendatar sebagai pembatasnya, seperti contoh berikut :

……………………………………………………………………………… ………………………………………………………. 1).

      ……………………………………………………………………………………… ………………………………….. 2).

     

1)  Surat kabar “Sumatera Ekspres”, 22 November 2002

2)   Majalah “Info Komputer” Nomor 10, Volume XII, Desember 2000, 

     halaman 20-22.

 

 

    1. Penyajian dan Pembuatan Tabel
  1. Tabel merupakan bagian skripsi yang berisikan data atau ringkasan data baik yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif.
  2. Judul tabel diawali dengan kata “Tabel” dan diikuti dengan nomor bab dan nomor tabel (diakhiri tanda titik setelah nomor tabel). Contohnya sebagai berikut Tabel 2.1. yang berarti Tabel ke-1 yang berada di bab II.
  3. Nomor dan judul tabel dituliskan diatas tabel dan rata tengah dan apabila judul tabel melebihi satu baris, maka penulisannya pada baris kedua dengan jarak 1 spasi dan seterusnya, Judul tabel diletakkan di atas tabel dimaksud.
  4. Penulisan judul tabel, secara umum menggunakan huruf kecil dan menggunakan huruf kapital pada setiap huruf awal kata (kecuali kata tugas seperti : dan, untuk, terhadap dll.)
  5. Penyajian sebuah tabel dapat dibuat dalam posisi vertikal (portrait) atau horizontal (landscape) dan apabila diperlukan dapat dilipat sedemikian rupa sehingga sama dengan ukuran standar.

 

    1. Penyajian dan Pembuatan Gambar, Grafik, dan Foto
  1. Pada dasarnya penyajian dan pembuatan gambar, grafik dan foto adalah sama dengan pembuatan tabel. Namun demikian perbedaannya adalah bahwa judul gambar, grafik, atau foto ditempatkan di bawah bersama dengan keterangan dan sumber apabila gambar, grafik, atau foto tersebut merupakan data sekunder.
  2. Tidak seperti halnya penyajian tabel, penyajian gambar, grafik atau foto harus dibuat dalam satu halaman yang sama. Disamping itu, apabila diperlukan, gambar, grafik, atau foto masing-masing dapat disajikan secara bersama dalam satu halaman dan satu judul (composite) dengan cara menuliskan “ (a), (b), (c), (d), ……dst”

 

    1. Bahasa

            Bahasa yang dipakai adalah bahasa Indonesia yang baku dan menurut tatanan bahasa yang baik dan benar, jika harus menggunakan istilah asing maka kata tersebut dicetak miring.

Untuk penulisan halaman Abstract menggunakan bahasa Inggris dan dicetak miring.

      1. Susunan dan Bentuk Kalimat

Kalimat disusun menurut hukum diterangkan dan menerangkan (DM), yaitu ada subjek dan predikat serta dilengkapi dengan objek dan keterangan. Bentuk kalimat tidak menampilkan kata orang pertama (aku, saya, kami, penulis, dan lainnya) atau kata orang kedua (kamu, kau, anda, dan lainnya, tetapi harus diganti dengan bentuk kalimat pasif.

Contoh salah : “………dari beberapa defenisi di atas, kami dapat menyimpulkan …….”

Contoh benar : “………dari beberapa defenisi di atas, dapat disimpulkan ……”

Pemakaian kata penulis/penyusun hanya dapat ditampilkan pada penyajian ucapan terima kasih pada kata pengantar ( prakata ).

 

      1. Istilah
  1. Istilah yang dipakai adalah istilah bahasa Indonesia yang telah dibakukan.
  2. Jika terpaksa harus menggunakan istilah asing, maka harus dicetak miring dan penggunaannya harus konsisten.

 

      1. Kata Hubung dan Kata Depan
  1. Kata penghubung seperti sehingga, sedangkan dan lainnya tidak boleh digunakan untuk memulai suatu kalimat.
  2. Kata depan  seperti kata pada tidak boleh diletakkan di depan subyek.
  3. Pemakaian kata dimana dan dari tidak boleh diperlakukan tepat seperti where dan of pada bahasa Inggris.

Contoh : “…… pemakaian disket dimana untuk pertama kalinya dipakai .....”

Seharusnya : “ …… pemakaian disket untuk pertama kalinya dipakai ..........”

Contoh : Perkembangan dari produksi tersebut menunjukkan...........

Seharusnya : Perkembangan produksi tersebut menunjukkan...........

 

 

BAB V

KERANGKA SKRIPSI

 

 

Kerangka skripsi adalah bagian dari skripsi terdiri dari beberapa bagian dimulai dari halaman depan sampai dengan halaman belakang dari skripsi.

 

4.1 Bagian Depan Skripsi

      1. Sampul Depan (judul luar)
  1. Hard Cover berwarna Biru (sesuaikan dengan contoh) dibungkus dengan plastik transparan
  2. Tulisan dengan menggunakan huruf timbul berwarna hitam
  3. Penulisan judul sedemikian rupa sehingga berbentuk kerucut terbalik dengan menggunakan huruf kapital  menggunakan jenis huruf Times New Roman dengan ukuran 14. Bila ada sub judul dibuat dengan ukuran huruf ukuran 12. (contoh pada lampiran 1)

 

      1. Punggung Skripsi

Pada punggung skripsi logo STMIK Neumann, judul skripsi, nama, dan NPM dengan ukuran menyesuaikan dengan ketebalan skripsi. (contoh pada lampiran 2)

 

      1. Sampul Dalam (judul dalam)

Sama dengan halaman sampul depan (judul luar).

 

      1. Halaman Pengesahan
  1. Halaman pengesahan dibuat sebagai halaman baru dan diberi judul “HALAMAN PENGESAHAN” ditulis di tengah-tengah (center) menggunakan jenis huruf Times New Roman dengan ukuran 12.
  2. Halaman ini berisi judul skripsi, nama, NPM, Program Studi, dan tanda tangan pengesahan oleh pembimbing I, pembimbing II, dan mengetahui Ketua Prodi Sistem Informasi yang selanjutnya distempel.

 

      1. Halaman Persetujuan Dewan Penguji
  1. Halaman ini dibuat sebagai halaman baru dan diberi judul “HALAMAN PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI” yang ditulis di tengah-tengah (center) dan ditulis menggunakan huruf Times New Roman dengan ukuran 12.
  2. Halaman ini berisikan pernyataan dari dewan penguji tentang kelulusan mahasiswa dan ditandatangani oleh semua dewan penguji yang diketahui ketua Program Studi beserta tanggal kelulusannya.

 

      1. Halaman Motto dan Persembahan
  1. Halaman ini dibuat sebagai halaman baru tanpa judul dengan menggunakan jenis dan ukuran font bebas (menurut persetujuan pembimbing) dan tidak boleh lebih dari satu halaman.
  2. Kalimat-kalimat moto dituliskan dimulai dari sudut kiri atas sedangkan persembahan dituliskan pada sudut kanan bawah.
  3. Halaman Moto dan Persembahan tidak harus dibuat.

 

 

      1. Lembar Pernyataan Orisinalitas Karya Ilmiah

Berisi pernyataan siswa/i yang melakukan penelitian, bahwa pelitian yang dilakukan merupakan karya sendiri, kecuali kutipan yang di jelaskan dari mana sumbernya. Jika suatu saat penelitian tersebut terbukti merupakan penelitian orang lain, maka mahasiswa/i yang melaksanakan penelitan bersedia menerima sangsi yang ditentukan.

 

      1. Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi karya Ilmiah

Berisi penyataan bawa hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa/i bisa di publikasikan, di portal website STMIK Neumann.

 

      1. Abstrak
  1. Halaman ini adalah halaman ringkasan skripsi yang ditulis dalam bahasa Indonesia, dibuat dengan jarak satu spasi dan tidak melebihi satu halaman.
  2. Halaman ini dibuat sebagai halaman baru dan diberi judul “ABSTRAK” yang ditulis di tengah-tengah (center) dan ditulis menggunakan huruf Times New Roman dengan ukuran 12.
  3. Di lembar abstrak juga titulis kata kunci yang berhubungan dengan penelitian.

 

      1. Abstract
  1. Halaman ini adalah halaman ringkasan skripsi yang ditulis dalam bahasa Inggris, dibuat dengan jarak satu spasi dan tidak melebihi satu halaman.
  2. Halaman ini dibuat sebagai halaman baru dan diberi judul “ABSTRACT” yang ditulis di tengah-tengah (center) dan ditulis menggunakan huruf Times New Roman dengan ukuran 12.
  3. Di lembar abstrak juga titulis kata kunci yang berhubungan dengan penelitian

 

      1. Kata Pengantar
  1. Halaman ini adalah bagian dari skripsi yang dibuat oleh penulis sebagai ucapan syukur dan terima kasih kepada orang-orang dan pejabat pada lembaga-lembaga yang dianggap penulis memiliki peranan penting dalam penyusunan skripsi dan diusahakan hanya satu halaman.
  2. Halaman ini dibuat sebagai halaman baru dan diberi judul “KATA PENGANTAR” yang ditulis di tengah-tengah (center) dan ditulis menggunakan huruf Times New Roman dengan ukuran 12.

 

      1. Daftar Isi
  1. Halaman daftar isi memuat daftar, nomor bab, nomor sub bab, judul bab, judul sub bab secara lengkap (sama dengan yang tertulis pada isi skripsi), dan nomor halaman dimana bagian tersebut dimuat.
  2. Judul bab ditulis dengan huruf kapital ukuran 12, sedangkan sub bab dan seterusnya ditulis dengan huruf kecil, kecuali huruf pertamanya ditulis dengan huruf kapital. Untuk kata tugas seperti dan, untuk, terhadap dan lain-lain ditulis dengan huruf kecil. Penulisan bab, sub bab dan seterusnya tidak diakhiri oleh tanda titik
  3. Halaman daftar isi dibuat pada halaman baru dan diberi judul “DAFTAR ISI” yang ditulis di tengah-tengah (center) dan ditulis menggunakan huruf Times New Roman dengan ukuran 12.

 

      1. Daftar Tabel
  1. Daftar tabel merupakan bagian skripsi yang memuat nomor dan judul tabel, serta nomor halaman tempat tabel tersebut dibuat.  Judul dan nomor tabel harus sama dengan yang tertulis pada tabel yang dimaksud.
  2. Halaman daftar tabel dibuat pada halaman baru dan diberi judul “DAFTAR TABEL” yang ditulis di tengah-tengah (center) dan ditulis menggunakan huruf Times New Roman dengan ukuran 12.

 

      1. Daftar Gambar
  1. Daftar gambar merupakan bagian skripsi yang memuat nomor dan judul gambar (termasuk bagan, diagram, dan foto) serta nomor halaman tempat gambar tersebut dibuat. Judul dan nomor gambar harus sama dengan yang tertulis pada gambar yang dimaksud.
  2. Halaman daftar gambar dibuat pada halaman baru dan diberi judul “DAFTAR GAMBAR” yang ditulis di tengah-tengah (center) dan ditulis menggunakan huruf Times New Roman dengan ukuran 12.

 

      1. Daftar Algoritma
  1. Daftar algoritma merupakan bagian skripsi yang memuat nomor, judul algoritma, serta nomor halaman tempat algoritma tersebut berad
  2. Yang termasuk dalam daftar algoritma ini adalah procedure dan function
  3. Halaman daftar algoritma dibuat pada halaman baru dan diberi judul “DAFTAR ALGORITMA” yang ditulis di tengah-tengah (center) dan ditulis menggunakan huruf Times New Roman dengan ukuran 12.

 

      1. Daftar Lampiran
  1. Daftar lampiran merupakan bagian dari skripsi yang memuat nomor, judul lampiran, serta nomor halaman tempat lampiran tersebut dibuat.Judul lampiran dan nomor halaman sama dengan yang tertulis pada lampiran yang dimaksud.
  2. Halaman daftar gambar dibuat pada halaman baru dan diberi judul “DAFTAR LAMPIRAN” yang ditulis di tengah-tengah (center) dan ditulis menggunakan huruf Times New Roman dengan ukuran 12.

 

      1. Daftar Istilah, Singkatan, dan Lambang
  1. Daftar lampiran merupakan bagian skripsi yang memuat istilah dan singkatan yang dipergunakan / tercantum dalam skripsi. Daftar istilah dan singkatan bukan keharusan. Urutan penyusunan dibuat menurut urutan abjad dimulai dengan huruf A.
  2. Halaman daftar gambar dibuat pada halaman baru dan diberi judul “DAFTAR LAMPIRAN” yang ditulis di tengah-tengah (center) dan ditulis menggunakan huruf Times New Roman dengan ukuran 12.

 

4.2 Bagian Isi Skripsi

5.2.1    Isi Skipsi

  1. Secara umum isi sebuah skripsi terbagi dalam beberapa bab yang di antaranya adalah :
  1. Penelitian berupa studi kasus/tidak membutuhkan tempat penelitian
  1. BAB I  PENDAHULUAN
  2. BAB II TINJAUAN PUSTAKA
  3. BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN
  4. BAB IV HASIL dan PEMBAHASAN
  5. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.

 

  1. Penelitian berupa studi kasus/tidak membutuhkan tempat penelitian
  1. BAB I  PENDAHULUAN
  2. BAB II TINJAUAN PUSTAKA
    1. Mengenai Tempat melaksanakan penelitian
    2. Teori yang berhubungan dengan penelian
    3. ..
    4. ..
  3. BAB III ANALISA DAN PERANCANGAN
  4. BAB IV HASIL dan PEMBAHASAN
  5. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.

 

Dengan petunjuk dari pembimbing penulis dapat menambah jumlah bab bila diperlukan.

  1. Awal penulisan bab dibuat sebagai halaman baru dan ditulis dengan huruf kapital menggunakan jenis huruf Times New Roman dengan ukuran 12 dan ditulis di tengah-tengah. Menggunakan baris terpisah antara nomor bab dengan judul ba
  2. Apabila penulisan judul bab, sub bab, dan sub dari sub bab memerlukan lebih dari satu baris, maka dituliskan dengan jarak satu spasi.

 

      1. Penomoran dan Penulisan Judul (Bab, Sub bab, Sub sub bab dan seterusnya)
  1. Nomor bab dimulai dari bab I sampai dengan bab V atau lebih (sesuai dengan saran pembimbing)
  2. Untuk nomor sub bab, sub sub bab dan seterusnya mengikuti nomor bab sebelumnya dengan urutan menaik.
  3. Penulisan Nomor dan judul bab menggunakan huruf kapital
  4. Untuk sub bab dan sub sub bab Menggunakan huruf kapital untuk awal katanya, kecuali untuk kata hubung.
  5. Untuk nomor dan judul bab, sub bab, sub sub bab dan seterusnya harus dicetak tebal dan tidak diakhiri oleh tanda titik.

 

4.3   Bagian Penutup

    1. 1    Daftar Pustaka
  1. Daftar pustaka merupakan bagian skripsi yang memuat semua sumber rujukan yang digunakan dan tercantum pada pembuatan skripsi. Sumber rujukan yang dibaca tetapi tidak tercantum dan dikutip dalam penyusunan skripsi tidak perlu dimasukkan dalam daftar Pustaka.
  2. Pada dasarnya, unsur yang ditulis dalam daftar pustaka haruslah selengkap mungkin sedemikian rupa sehingga dapat membantu pembaca mencari/menemukan/ menelusuri sumber rujukan tersebut.
  3. Secara umum unsur yang harus ada dalam daftar Pustaka adalah (1) Nama penulis dengan urutan nama akhir, singkatan (huruf awal) nama depan, dan singkatan (huruf awal) nama tengah, tanpa gelar akademik apapun (2) tahun penerbit (3) judul, termasuk anak judul (sub-judul) yang dipisahkan dengan menggunakan tanda”:”, (4) Nama penerbit, (5) kota dan negara tempat penerbitan. Variasi dan perbedaan diantaranya terjadi tergantung dari jenis sumber rujukan (lihat masing-masing contoh)
  4. Apabila penulis lebih dari satu, penulisan nama penulis kedua dan seterusnya dilakukan dengan singkatan (Huruf awal) nama pertama, singkatan nama tengah, dan nama akhir. Semua nama penulis, tanpa kecuali harus dicantumkan dalam penulisan Daftar Pustaka.
  5. Urutan penyajian sumber-sumber rujukan dalam Daftar Pustaka dilakukan sesuai urutan huruf (alphabetical order), yaitu dimulai dengan  sumber rujukan yang diawali dengan huruf A, B, C dst. Apabila penulisan sebuah sumber rujukan memerlukan lebih dari satu baris, maka penulisan baris kedua dan selanjutnya dilakukan dengan jarak 1 spasi dan mulai dituliskan 5 spasi dari sisi kiri.
  6. Secara umum contoh penulisan Daftar Pustaka untuk beberapa jenis sumber rujukan adalah sbb:

 

    1. Rujukan dari buku atau Textbook (urutan penulisan : Nama penulis-Tahun terbit-Judul : Anak Judul (bila ada). Penerbit-Kota-Negara tempat terbit) seperti contoh berikut :

 

Pressman, R.S. 2001. Software Engineering: A Practitioner’s Approach (5th Edition). Mc Graw-Hill Book Company, New York, USA.

Stell, R.G.D. and J.H. Torrie. 1983. Principle and procedures of statistics: A  Biometrical Approach ( 2nd Edition). Mc Graw-Hill Book Company, New York, USA.

 

(Untuk penulisan buku yang ditulis dalam bahasa indonesia, kata “and” pada penulisan nama penulis diganti dengan kata “dan”)

 

  1. Rujukan dari Buku yang berisi Kumpulan Artikel/Tulisan dengan Editor

(Urutan Penulisan : Nama penulis – tahun terbit-judul artikel – in- nama editor-judul buku. Halaman Penerbit-kota-Negara tempat terbit) seperti contoh berikut :

 

Hallauer,A.R. 1987. Maize Breeding. In W.R. Fehr (editor). Principles of Cultivar Development, Volume 2 (page 110-125). Mcmilan Publishing Company, New York, USA.

 

(Jika bukunya dalam bahasa Indonesia gunakan kata dalam sebagai pengganti In. Kata Publishing dapat disingkat Pub. Dan Company disingkat Co.)

 

  1. Rujukan dari buku atau Textbook terjemahan (urutan penulisan: Nama penulis-Tahun terbit-Judul:Anak judul (bila ada). Terjemahan oleh: Nama penerjemah-Penerbit-Kota-Negara tempat terbit) Seperti contoh berikut :

 

Steel,R.G.D. and J.H. Torrie.1983. Prinsip dan Prosedur Statistika : Pendekatan Biometrik (edisi ke-2). Terjemahan oleh : M.Badaraja dan R.Korawl. Gramedia, Jakarta, Indonesia.

 

  1. Rujukan dari jurnal, majalah ilmiah (urutan penulisan: Nama penulis-Tahun terbit-Judul:Anak judul(bila ada). Nama Jurnal-Volume/Tahun-Nomor-halaman) seperti contoh berikut :

 

Fowler,D.J., and C.H. Rorke. 1983. The Risk Measurement when Shares are Subjet to Infrequent Trading. Journal of Financial Economics 3(12):293-299.

 

(Kata jurnal dapat disingkat J., Sciences disingkat Sci, Economics disingkat Econ. Dsb. Sesuai dengan kelaziman)

 

  1. Rujukan Prosiding, Risalah, Kumpulan Makalah Seminar Tanpa Editor (urutan penulisan: Nama penulis-Tahun terbit-Judul:Anak judul(bila ada). Nama Jurnal-Volume/Tahun-Nomor-halaman) seperti contoh berikut :

 

Rhue,D.R. and C.O. Grogan. 1976. Screenig Corn for Aluminium Tolerance. Proceeding of Workshop in Plant Adaptation to Mineral Stress in Problem Soils. Departemen of Agronomy, Cornell University. Beltville, November 22-23, 1976.

 

  1. Rujukan Prosiding, Risalah, Kumpulan Makalah Seminar Bereditor (urutan penulisan: Nama penulis-Tahun terbit-Judul:Anak judul(bila ada). Dalam Nama Editor. Prosiding/Risalah Nama Seminar-Lembaga Pelaksana Seminar-Tempat dan Tanggal, Bulan, Tahun Pelaksanaan) Seperti contoh berikut :

 

 

  1. Rujukan dari Laporan, Publikasi suatu Lembaga/Instansi yang dianggap sebagai Pengarang (urutan penulisan : Nama lembaga pengarang. Tahun terbit.–Judul: Anak Judul (bila ada)-Nama dan tempat Penerbit.) seperti contoh berikut :

 

Biro Pusat Statistik. 1991. Statistik Impor Indonesia Tahun 1980-1990. Biro Pusat Statistik, Jakarta.

 

  1. Rujukan dari Dokumentasi Resmi Lembaga Pemerintah, Tanpa Pengarang, (Urutan penulisan:  Nama Dokumen, Tahun terbit. Nama dan tempat Penerbit.) seperti contoh berikut :

 

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2, Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. PT.Armas Duta Djaya, Jakarta.

 

  1. Rujukan dari Artikel Koran dan Majalah ada Nama Penulis (Urutan Penulisannya : Nama Penulis. Tahun terbit Judul/Anak judul artikel. Nama koran/majalah, Tanggal, bulan, tahun terbit, halaman) seperti contoh berikut :

 

Malaranggeng,A. 1999. Otonomi Daerah: Harapan dan Cita-cita. Kompas (koran), 18 Juli 2000, Halaman V.

  1. Rujukan dari Artikel Koran dan Majalah tanpa Nama Penulis (Urutan Penulisannya : Nama Penulis. Tahun terbit Judul/Anak judul artikel. Nama koran/majalah, Tanggal, bulan, tahun terbit, halaman) seperti contoh berikut :

 

Intisari. 1990. Otonomi Daerah: Harapan dan Cita-cita. Intisari (Majalah), 26 April 1998, Halaman 89-90.

 

  1. Rujukan dari Artikel Jurnal dalam CD ROM (Urutan Penulisannya : sama dengan rujukan penulisan sebuah jurnal dan diakhiri dengan ….(CD-ROM: Nama Jurnal. Penerbit dan Tahun dikeluarkannya CD-ROM  tersebut).  Seperti contoh berikut :

 

Fowler,D.J., and C.H.Rorke. 1983. The Risk Measurement when Shares are Subject to Infrequent Trading. Journal of Financial Economics 3 (12): 298-299. (CD-ROM: Journal of Financial Economics, PF Book CD-ROM Company, 2001)

 

  1. Rujukan dari Artikel Jurnal yang diakses dari Internet (urutan penulisannya: sama dengan rujukan sari sebuah jurnal dan diakhiri dengan ….(alamat lengkap e-mail, tanggal, bulan, dan tahun diakses) seperti contoh berikut :

Goldman, G. 1998. Coording Family and School. Journal of Education Volume 5  Number 27, (http://www.Jour.Educat.ac.id/ejtk/, diakses 10 Juli 1999).

 

    1. Lampiran
  1. Secara umum, lampiran merupakan bagian skripsi yang berisi materi/bahan /informasi tambahan yang diperlukan dalam penyusunan skripsi.
  2. Lampiran juga dapat merupakan suatu bagian penting dari sebuah skripsi (misalnya gambar, design, foto, contoh perhitungan dan lain-lain) yang karena dianggap terlalu besar dan memerlukan terlalu banyak halaman untuk dimuat pada tubuh tulisan, maka bagian tersebut ditempatkan pada lampiran.
  3. Setiap lampiran dibuat sebagai halaman baru dengan menuliskan kata “Lampiran” diikuti dengan nomor dan judul lampiran seperti contoh berikut :

      Lampiran 1. Daftar Pertanyaan (kuisioner) yang digunakan dalam Penelitian

  1. Apabila sebuah lampiran memerlukan lebih dari satu halaman, maka pada halaman berikutnya dituliskan “Lampiran 1. Lanjutan”.
  2. Lampiran tidak diberi nomor halaman.

 

 

Contoh Halaman Judul Luar (Lampiran 1)

 

 

J U D U L

(Times New Roman, 14)

 

4spasi

SKRIPSI

(Times New Roman, 14)

 

4 spasi

Diajukan Sebagai Syarat Untuk Menyelesaikan

Pendidikan Program Strata-1 Pada

Program Studi Sistem Informasi

(Times New Roman, 12,bold,  satu spasi)

 

6 spasi

 

Oleh :

2 spasi

Nama Penulis

NPM :  …………………………..

(Times New Roman, 12, Bold, satu spasi)

 

 

6 spasi

 

 

 

 

Logo Kecil.jpg

 

 

6 spasi

 

PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

STMIK KRISTEN NEUMANN INDONEISA

MEDAN

Tahun Pembuatan

(Times New Roman, 14, Bold,  satu spasi)

 

Contoh Punggung Skripsi ( Lampiran 2 )

 

 

 

Logo Kecil.jpg

 
 

Nama

NPM 

                     JUDUL  SKRIPSI                

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh Halaman Pengesahan ( Lampiran 3 )

 

LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI

(Times New Roman, 14, bold)

<<4 spasi>>

J U D U L

(Times New Roman, 14,bold)

<<6 spasi>>

 

(Semua teks di bawah ini menggunakan font Times New Roman, 12)

Oleh :

<<2 spasi>>

Nama mahasiswa

NIM :  ………………….

(Times New Roman, 12, ditulis satu spasi)

<<4 spasi>>

 

 Medan,    (tanggal-bulan-tahun)

<<2 spasi>>

Pembimbing I                                                                          Pembimbing II,

<<4 spasi>>

 

Nama Pembimbing I                                                               Nama Pembimbing II

NIDN/NIP                                                                              NIDN/NIP

<<2 spasi>>

Mengetahui,

Ketua Program Studi Sistem Informasi

 

<<4 spasi>>

Nama Ketua Prodi

NIDN/NIP

 

 

Contoh Halaman Persetujuan Dewan Penguji (lampiran 4)

 

LEMBAR PERSETUJUAN DEWAN PENGUJI

(Times New Roman, 12, Bold)

4 spasi

(Semua teks di bawah ini menggunakan font Times New Roman, 12)

Pada hari ………………… tanggal ……………………… telah dilaksanakan sidang skripsi oleh Jurusan Sistem Informasi STMIK Kristen Neumann Indonesia.     (ditulis 1 spasi)

2 spasi

NPM               :    ………………………………………

Nama               :    ………………………………………

Judul Skripsi   :    ………………………………………       

                                      …………………………………………………… (ditulis 1 spasi)

2 spasi

Ketua Penguji

 

 

 

 

 

 

Nama

NIDN/NIP

Anggota Penguji I

 

 

 

 

 

 

Nama

NIDN/NIP

 

Anggota Penguji II

 

 

 

 

 

 

Nama

NIDN/NIP

Anggota Penguji III

 

 

 

 

 

 

Nama

NIDN/NIP

 

 

 

                                                                            Mengetahui,

                                                         Ketua Program Studi Sistem Informasi

 

4 spasi

 

 

                                                                   Nama Ketua Program Studi

                                                                   NIDN.     

 

 

 

 

 

 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI

 

 

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

 

Nama                     :    

NPM                     :    

Perguruan Tinggi   :     STMIK Kristen Neumann Indonesia

Alamat Kampus    :     Jl. Jamin Ginting Km. 10,5 Medan

Alamat      Rumah       :    

     

Dengan ini menyatakan bahwa skrpsi yang telah saya buat dengan judul:-------------------------------------------------------------------------”, adalah asli (orsinil) atau tidak plagiat (menjiplak) dan belum pernah diterbitkan/dipublikasikan dimanapun dan dalam bentuk apapun.

 

Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksanaan dari pihak manapun juga. Apabila dikemudian hari ternyata saya memberikan keterangan palsu dan atau ada pihak lain yang mengklaim bahwa skripsi yang telah saya buat adalah hasil karya milik seseorang atau badan tertentu, saya bersedia diproses baik secara pidana maupun perdata dan kelulusan saya dari STMIK Kristen Neumann Indonesia dicabut/dibatalkan.

 

 

 

 

Dibuat di         : Medan

Pada tanggal  : __/Agutus/2017

Yang menyatakan,

 

 

           

 

          

Nama Mahasiswa

NPM :

 

 

SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH

UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS

 

 

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

 

Nama                     :      

NPM                     :    

Perguruan Tinggi   :     STMIK Kristen Neumann Indonesia

Program Studi       :     Sistem Informasi

Alamat Kampus    :     Jl. Jamin Ginting Km. 10,5 Medan

Alamat      Rumah       :    

 

Dengan ini menyetujui untuk memberikan ijin kepada pihak STMIK Kristen Neumann Indonesia, Hak Bebas Royalti Non-Eksklusif (Non-exclusive Royalti-Free Right) atas karya ilmiah kami yang berjudul: “---------------------------------------------------------------------------------------------------”, beserta perangkat yang diperlukan (apabila ada).

 

Dengan Hak Bebas Royalti Non-Eksklusif ini pihak STMIK Kristen Neumann Indonesia berhak menyimpan, mengalih-media atau format-kan, mengelolaannya dalam pangkalan data (database), mendistribusikannya dan menampilkan atau mempublikasikannya di internet atau media lain untuk kepentingan akademis tanpa perlu meminta ijin dari kami selama tetap mencantumkan nama kami sebagai penulis/pencipta karya ilmiah tersebut.

 

Saya bersedia untuk menanggung secara pribadi, tanpa melibatkan pihak STMIK Kristen Neumann Indonesia, segala bentuk tuntutan hukum yang timbul atas pelanggaran Hak Cipta dalam karya ilmiah saya ini.

 

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya.

 

Dibuat di          : Medan

Pada tanggal     :__/ Agustus / 2017

Yang menyatakan,

 

 

 

 

 

Nama Mahsiswa

NPM :

 

 

Contoh Halaman Motto dan Persembahan (lampiran 5)

 

 

 

Motto :

  1. ……………………………………………………………………………….
  2. ……………………………………………………………………………….
  3. ……………………………………………………………………………….
  4. ……………………………………………………………………………….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kupersembahkan karya tulis ini kepada :

  1. ………………………………………………
  2. ………………………………………………
  3. ………………………………………………
  4. ………………………………………………

 

 

Contoh Halaman Abstract (lampiran 6)

 

ABSTRAK

(Times New Roman, 12)

2 spasi

………………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………………..……………………………………………………………………………………………..……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….. . (Times New Roman, 12, satu spasi)

 

 

Kata kunci: …

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh Halaman Abstrak (lampiran 7)

 

 

ABSTRACT

(Times New Roman, 12)

2 spasi

………………………………………………………………………………………..………..………………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………………..……………………………………………………………………………………………..………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….. . (Times New Roman, 12, satu spasi)

 

 

Keyword: …

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh Halaman Kata Pengantar (lampiran 10)

 

KATA PENGANTAR

(Times New Roman, 12)

2 spasi

            ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Untuk selanjutnya penyusun mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyelesaian skripsi ini, yaitu:

 

  1. ……………………………………………….

………………………………………………………………………………….

  1. …………………………………………….

      ………………………………………………………………………………….

  1. …………………………………………….

………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………….

 

  1. ………………………………………………………………………………….……………………………………………………….……………………

(Times New Roman,12, satu spasi)

2 spasi

Medan,  Bulan dan tahun 

2 spasi

       Penyusun,

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh Halaman Daftar Isi  (lampiran 9)

 

DAFTAR ISI

(Times New Roman, 12)

2 spasi

Halaman

2 spasi

HALAMAN JUDUL ……………………………………………………….       i

HALAMAN PENGESAHAN ………………………………………………    ii

HALAMAN PERSETUJUAN KOMISI PENGUJI ………………………..    iii

HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN ……………………………    iv

HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS KARYA ILMIAH...........    v

HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA         vi

ABSTRAK.... ………………………………………………………………..    vii

ABSTRACT …………………………………………………………………    viii

KATA PENGANTAR ………………………………………………………    ix

(Times New Roman, 12, 1 spasi)

2 spasi

BAB I   PENDAHULUAN                                                                                      

    1. Latar Belakang  ……………. …………………………………….   1
    2. Tujuan …………………………………………………………….   2
    3. …………….
    4. …………….
    5. ……………

2 spasi

BAB II  TINJAUAN PUSTAKA

    1. Tinjauan Mengenai Tempat Riset*.…………………………………
    2. Tinjaun Pustaka 1....…………………………………………………
    3. Tinjaun Pustaka 2..…………………………………………………
    4. ………………………………………………………………………
    5. ………………………………………………………………………
  1. spasi

*Tinjauan Pustaka mengenai Tempat riset jika ada

 

BAB III  ANALISA DAN PERANCANGAN

3.1  Tempat dan Waktu Penelitian ................................................... .......

3.2  Alat dan Bahan.................................................................................

    1. Metode Pembangunan Perangkat Lunak/Keras................................
    2. Tata Kerja.........................................................................................
    3. Analisis Data ....................................................................................

2 spasi

BAB IV  HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1 ..........................................................................................................

4.2 ..........................................................................................................

 

BAB V   KESIMPULAN DAN SARAN

5.1 ...........................................................................................................

5.2 ...........................................................................................................

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

 

Contoh Halaman Daftar Tabel (lampiran 10)

 

DAFTAR TABEL

(Times New Roman, 12,Bold)

2 spasi

Halaman

2 spasi

 

2.1. Tabel Mahasiswa.MDB………………………………………………….  12

2.2. Tabel ……………………………………………………………………   13

 

dst

 

(Times New Roman,12, 1 spasi)

 

(isi dari daftar tabel disesuaikan dengan isi skripsi)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh Halaman Daftar Gambar  (lampiran 11)

 

DAFTAR GAMBAR

(Times New Roman, 12,Bold )

2 spasi

Halaman

2 spasi

 

2.1. Gambar Konteks Diagram Sistem Penjualan ……………………………. 16

3.1. Gambar ……………………………………………………………………17

3.2. Gambar ……………………………………………………………………18

 

dst

 

(Times New Roman,12, 1 spasi)

 

 

(isi dari daftar gambar disesuaikan dengan isi skripsi)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh Halaman Daftar Algoritma (Lampiran 12)

 

DAFTAR ALGORITMA

(Times New Roman, 12)

2 spasi

Halaman

2 spasi

 

2.1. Algoritma  Penambahan Data Baru   …………………………………..    40

2.2. Algoritma .……………………………………………………………..     41

 

dst

 

(Times New Roman,12, 1 spasi)

 

(isi dari daftar algoritma disesuaikan dengan isi skripsi)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh Halaman Daftar Lampiran  (lampiran 13)

 

DAFTAR LAMPIRAN

(Times New Roman, 12,Bold)

2 spasi

 

1. Lampiran Gambar

2.……………………………   

3. ….…………………………

4. ………….…………………

5. ……………………………

 

dst

 

(Times New Roman,12, 1 spasi)

 

 

(isi dari daftar lampiran disesuaikan denganlampiran pada skripsi)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh Halaman Daftar Istilah, Singkatan, dan Lambang  (lampiran 14)

 

DAFTAR ISTILAH, SINGKATAN DAN LAMBANG

(Times New Roman, 12)

2 spasi

 

 

ALU                :   Aritmetich Logical Unit

CPU                :   Central Processing Unit

CU                  :   Control Unit

 

dst

 

(Times New Roman,12, 1 spasi)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

    1. Latar Belakang Masalah

         Latar belakang masalah adalah sub Bab yang mendeskripsikan persoalanpersoalan yang muncul dapat berupa kesenjangan antara keadaan nyata dan keidealan yang diharapkan sehingga menimbulkan suatu masalah baru yang diharapkan dapat diselesaikan dengan teknologi informatika. Latar belakang masalah dibuat setidaknya terdiri dari 4 paragraf. Paragraf pertama menjelaskan tentang maksud objek dan subjek dari judul skripsi.

       Paragraf kedua memuat tentang masalah yang melatarbelakangi judul.Menjelaskan masalah-masalah yang sering terjadi agar mendukung topik yang diusulkan misalnya masalah pengolahan data atau penyebaran informasi.

      Paragraf ketiga menjelaskan bagaimana menyelesaikan masalah yang telah diuraikan pada paragraf sebelumnya. Dalam menyelesaikan masalah tersebut mungkin terdapat banyak metoda yang dapat dilakukan, tetapi anda harus memilih metoda mana yang anda gunakan dengan meninjau aspek kelebihan dan kekurangan dari beberapa metoda tersebut.

      Paragraf keempat memuat gambaran hasil akhir yang akan dicapai setelah masalah tersebut terselesaikan dan pada akhir paragraf tekankan bahwa berdasarkan uraian diatas yang mendorong anda mengusulkan sebuah judul skripsi.

    1. Perumusan Masalah

        Rumusan masalah adalah pernyataan dalam kalimat tanya dan dibuat dalam bentuk point-point yang dirumuskan secara deskriptif dengan jelas dan tegas. Perumusan masalah yang diuraikan harus merujuk kepada latar belakang masalah yang telah diangkat.

    1. Batasan Masalah

          Batasan masalah bertujuan untuk menghindari melebarnya penelitian, yang diuraikan secara ringkas dalam bentuk point-point. Adapun hal-hal yang dapat dibatasi seperti metode, teknik, data yang digunakan, alat (tools), atau hal lain yang dapat mengakibatkan pembahasan melebar.

 

1.4 Tujuan dan Manfaat

1.4.1 Tujuan

          Sub bab tujuan memuat tentang hal yang akan dicapai dalam penelitian.Karena tujuan penelitian yaitu menyelesaikan masalah yang telah dirumuskan pada perumusan masalah. Tujuan dibuat dalam bentuk point-point dan sebaiknya diawali dengan kata kerja.

 1.4.2 Manfaat

         Manfaat penelitian berisikan uraian dampak positif yang diperoleh bagi semua pihak ketika tujuan penelitian tercapai. Manfaat dibuat dalam bentuk point point.

    1. Metodologi Penelitian

        Berisikan uraian secara rinci mengenai langkah-langkah operasional yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian. Uraian dapat mencakup variabel dalam penelitian, model yang digunakan, rencana penelitian, teknik pengumpulan datadan analisis data, cara penafsiran dan penyimpulan hasil penelitian yang menggunakan metoda kualitatif.

    1. Sistematika Penulisan

Sub bab ini memuat uraian secara garis besar isi skripsi untuk setiap bab.

 

BAB II

LANDASAN TEORI

Landasan teori adalah rujukan yang relevan yang digunakan untuk menjelaskan tentang variabel yang akan diteliti, sebagai dasar untuk memberi jawaban sementara terhadap rumusan masalah yang diajukan (hipotesis) dan penyusun instrument penelitian. Teori yang digunakan bukan sekedar pendapat dari pengarang atau pendapat lain, tetapi teori yang benar telah teruji kebenarannya. Secara umum landasan teori menjelaskan mengenai teori dasar dari masing-masing bagian judul yaitu kategori sistem, topik permasalahan, teori dasar untuk merancang sistem dan tools yang digunakan untuk membangun sistem. Untuk karya ilmiah/skripsi sumber referensi diambil dari Buku, Jurnal yang berlisensi, prosiding, Website dan sumber resmi lainnya. Yang tidak boleh digunakan sumber referensi dari sumber yang tidak resmi seperti blog, wordpress, jurnal yang tidak berlisensi, modul, diktat, dan lain-lain.Untuk setiap Sub Bab pada Bab II Landasan Teoriharus mempunyai minimal 1(satu) sumber referensi.Contoh kerangka sub bab landasan teori dari judul “Implementasi algoritma Bayer Moore pada Kamus Bahasa Latin berbasis Mobile Android”, maka kerangka bab III adalah sebagai berikut :

 2.1 Kamus

 2.2 Bahasa Latin

2.3 Algoritma Bayer Moore

 2.4 Android

2.5 Alat Bantu Perancangan Sistem

         3.7.1 Flowchart

         3.7.4 UML

 2.6 Pemrograman Android

 2.7 Editor Ellipse

2.8 Sqlite

 

 

BAB III  ANALISA DAN PERANCANGAN

3.1 Analisa

Menjelaskan tentang analisa masalah, algoritma/metode yang digunakan, kriteria, aturan, input, proses dan output.

3.1.1 Contoh Kasus

Contoh dari algoritma/metode yang digunakan

3.2 Perancangan

Perancangan menjelaskan tentang rancangan sistem yang dibangun.

3.2.1 Algoritma

Menjelaskan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis.

3.2.2 Pemodelan

 Menjelaskan tentang pemodelan sistem seperti use case, activity diagram, class diagram dansequensi diagram.

3.2.3 Interface

      Menjelaskan rancangan input, output dan proses sistem yang akan dibangun.

 

Proposal Skripsi dari BAB I sampai Dengan BAB III

 

 

BAB IV  HASIL DAN PEMBAHASAN

 4.1 Kebutuhan

       Sistem Menjelaskan tentangspesifikasi software dan hardware yang dibutuhkan oleh aplikasi

 4.2 Tampilan

       Program Tampilan program terdiri dari print screen dari tampilan input, output dan proses.

 4.3 Hasil Pengujian

       Program Hasil pengujian program menampilkan hasil output dari sebuah input data pada aplikasi yang telah siap.

4.4  Pembahasan tentang hasil.

 

 

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

 5.1 Kesimpulan

Pada bagian inimemuat kesimpulan dari penelitian yang dilakukan yang dibuat dalam bentuk point. Kesimpulan didapatkan dari hasil akhir pemecahan masalah sesuai dengan rumusan masalah pada Bab I (kesimpulan bukan ringkasan dari hasil penelitian).

 

5.2 Saran Pada bagian ini memuat hal-hal yang perlu diperhatikan dan dijalankan dimasa yang akan datang untuk kesempurnaan hasil penelitian/pemecahan masalah, sehingga tidak terjadi masalah yang sama ataupun sebagai antisipasi terhadap

 

 

 Proposal Skripsi dari BAB I sampai Dengan BAB III

Unidha STMIK Kristen Neumann Indonesia Jl Jamin Ginting KM 10.5, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
© 2019 STMIK Kristen Neumann Indonesia Follow STMIK Kristen Neumann Indonesia : Facebook Twitter Linked Youtube